• Jelajahi

    Copyright © TUAH NUSANTARA | TANDA CINTA UNTUK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

     


    Kabupaten Lima Puluh Kota Menuju Smart City

    TuahNusantara.com
    Sabtu, 06 Januari 2024, 11:38 PM WIB Last Updated 2024-01-06T18:00:07Z

    TUAH NUSANTARA  | LIMAPULUH KOTA — Kabupaten Lima Puluh Kota akan segera mewujudkan smart city. Hal itu ditandai dengan kerjasama antara Pemkab Lima Puluh Kota dengan PT. Telkom Indonesia Regional Sumatera Barat di pendopo rumah dinas Bupati, Rabu (4/4). Turut hadir pada acara itu Pj Sekda Taufik Hidayat, Kepala OPD Lingkup Pemkab Lima Puluh Kota beserta undangan lainnya.

    Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengatakan, penerapan sistem pemerintah berbasis elektronik sudah menjadi sebuah kebutuhan mendesak. Hal itu, dibuktikan dengan adanya penilaian dan pengawasan terhadap pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang dilakukan oleh Kementrian Aperatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) serta Komisi Pemberantasan Koruspi (KPK).

    Ini menjadi salah satu bukti, sistem pemerintahan berbasis elektronik sudah tidak dapat ditawar lagi. Untuk membangun sistem pemerintahan berbasis elektronik itu dibutuhkan pondasi berupa jaringan internet dan intranet yang terintegrasi dari Ddinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Limapuluh Kota ke seluruh OPD.

    "Hal ini bertujuan agar aplikasi pemerintahan dapat berjalan dengan baik sehingga program smart city daerah sebagai pendukung smart city nusantara bisa terwujud. Sehingga, proses administrasi baik untuk pemerintah maupun masyarakat dapat hadir lebih cepat, mudah transparan dan akuntabel," tambahnya.

    Untuk mengimplementasikan itu, diperlukan infrastruktur, berupa jaringan internet yang disertai dengan bimbingan teknis, agar dapat dinikmati di seluruh masyarakat sampai di nagari.

    "Dengan demikian akan terjadi peningkatan pelayanan publik yang efektif dan efisien," ulas bupati.

    Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informasi, Fery Cofa dalam laporannnya mengatakan, konsep smart city akan memudahkan berbagai layanan dasar kepada masyarakat, seperti kesehatan, pendidikan, serta penghasilan pendapatan masyarakat secara mandiri maupun kelompok.

    "Smart city adalah konsep tata kelola kota yang disusun secara cerdas untuk menyelesaikan setiap persoalan atau masalah yang dihadapi masyarakat. Hal tersebut dilakukan melalui pengelolaan sumberdaya dan komunitas yang ada, yang diwujudkan dalam strategi penyelesaian masalah, pelayanan publik dan penciptaan situasi dan kondisi kota yang sejahtera dan nyaman," ujarnya.

    Usai pembukaan audiensi, dilanjutkan pemberian materi yang disampaikankan perwakilan PT. Telkom Regional Sumatera Barat, Suwito. (Diskominfo)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini