• Jelajahi

    Copyright © TUAH NUSANTARA | TANDA CINTA UNTUK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

     


    1) KISAH BUPATI SAFARUDDIN DAN KONCO LAMO

    Redaksi Utama
    Selasa, 09 Januari 2024, 4:53 AM WIB Last Updated 2024-01-10T11:52:07Z




     

     

    Sering benar, tiap pulang sekolah, bocah lelaki itu  melepaskan penat dan duduk mengalai-ngalai seraya menikmati indahnya pemandangan nagari. Mata dan hatinya seakan menyapu alam sekitar yang hijau dengan pepohonan. Ya, Baruahgunung kampuang nan indah memang.  Berbukit-bukit dan berlingkar Bukit Barisan serta  berpagar Gunuang Bungsu dan Sago.  

     

    Baruahgunuang nagari permai.Nagari yang rimbun dengan segala potensinya.

     

    Bocah lelaki sepulang sekolah itu, sering berpikir dan bercakap-cakap dengan dirinya sendiri  tentang mengapa kampungnya yang kaya dengan segala potensi ini tapi masyarakatnya masih terjerat dalam lingkaran kemiskinan yang mengundang duka lara.

     

    Bocah lelaki sepulang sekolah itu, menarik nafas dalam-dalam. Ia lepaskan seiring nafas di kandung badan. Ia berdiri. Ia seperti berteriak dengan sekuat hati; tak ada pilihan lain ! ia genggam tangannya. Lalu ia kepalkan ke udara. Dalam tekad dan itikad sepenuh hati dan jiwa, ia berteriak keras. Biar alam mendengar.

     

    “ Aku harus membangun nagari. Tanganku ini akan kujulurkan untuk orang banyak. Kampung halamanku harus bangun dan bangkit. Jalan lalu penapak kaki tak boleh lagi buruk. Jalan lalu penerang hati dan pikiran, harus lurus dan tercerahkan. Jalan ekonomi, tak boleh lagi buruk. Ya, Allah…jadikan hamba , insan yang bermanfaat bagi orang lain !”

     

    Kata hati. Kata jiwa. Kata pikirannya itu, tampaknya selaras alam. Kata-hati dan kata jiwanya itu, seakan menembus langit. Kata pikirannya itu, tampaknya kelak menjadi doa….

     

    Begitu menginjak remaja, ia mulai dengan hal-hal sederhana. Ia selalu hadir untuk orang banyak. Sellalu hadir bagi kaumnya dalam segala persoalan yang membelenggu. Ia dalam usia-usia muda sudah berkearifan dalam pelaksanaan seperti menarik rambut dalam tepung. Pola-pola keninik-mamak an itu sudah tertanam dalam hidup dan dirinya di saat usianya masih belia.

     

    Sepantun dengan lirik kerinduan, kehadirannya di tengah kehidupan selalu diharapkan. Tak mencogok saja ia di lepau, di surau, di balai  beberapa hari saja, orang sekeliling akan bertanya.

     “ Kama Sapar? Lah lamo ndak nampak ?”  tanya kawan sebaya.

     

    Remaja Sapar adalah remaja yang cepat kaki ringan tangan.Walaupun badannya kurus, ia cepat dan ligat bekerj dan kemampuan fisik yang prima. Lelaki Sapar, lelaki yang selalu berada di garis paling depan dalam memperjuangkan kampung halaman dan menyelesaikan  persoalan kehidupan bermasyarakat.

     

    Pada usia 24 tahun ia sudah menjadi Ketua Karang Taruna Santo Tirto, nagari Baruhgunuang. Seusia-usia itu juga ia sudah menjadi Wakil Ketua AMPI Suliki Gunung Mas . Seusia-usia itu juga ia dipecayai masyarakat menjadi Sekretaris Nagari Baruah Gunuang. Bahkan, setahun kemudian, ketika dirinya masih berusia 25 tahun, ia sudah dipilih dan dipercayai masyarakat menjadi kepala desa Baruah Gunuang I dan Selatan, periode 1982  hingga 1987.

     

    Safaruddin telah menciptakan sejarah kepemimpinan kepala desa termuda di Sumatera Barat .

     

    “ Konco ambo bana beliau tumah !” suatu hari Uwan Karih berkata seraya menghirup rokok yang ia pilin dari tembakau Baruhgunuang yang terkenal dengan aroma wanginya. “ Tambakau iko ha, khusus ambo pasan dari kampuang mah. Ko, baru dibaok an kamanakan….”, kata Uwan sambiil melihatkan bungkusan tembakau.

     

    “Harum baunnyo ko…cubo lah idu stek ha “, ia ojokkan tambakau itu ke hidung kita. Belum sempat kita menjawab, Uwan telah lebih dahuluan menyela : “ Harumkan ?”

     

    Lalu, Uwan kawan kecil Safaruddin itu menyeruput kopi hangat.

     

    “Iko ciek lai ha. Iko bukan kopi sembarang kopi. Iko kopinyo lain ko?” katanya bergumam sendiri.

     

    “Iko kopi Baruah Gunuang bana ko. Kopi ko dikirim dek kamanakan ambo. Kecek kamanakan ambo, kini banyak urang kampuang ambo batanam kopi !”

     

    Uwan, mengangguk-angguk sendiri. Tanpa diminta, ia mulai berkata.Tampaknya, ia seperti mengingat kembali masa kecilnya bersama konco palangkinnyo Safaruddin.

     

    “ Sapar suko bakawan. Urangnyo paibo. Pintu rumahnyo tabukak 24 jam untuak siapo sajo nan maraso ditimpo kesusahan. Sapar tu pribadinyo elok. Kalau bakawan, kesetiaannyo tinggi. Inyo paliang indak bisa menyakiti hati urang. Maaf manyabuik, ijankan nan adoh di sakunyo, nan adoh dimuncuangnyo, dibarikannyo ka awak mah. Baitu bana paibo jo raso tenggang rasonyo nan tinggi”  kata Uwan Karih, konco Safaruddin yang kini merantau dan hidup di Jakarta.

     

    “Sajak mudo-mudo ambo acok ditolongnyo. Ambo acok dibantunyo. Bahkan, ambo marantau ko atas dorongan liau ko. Masih ingek ambo jo petuah kawan ambo ko. Katonyo, Karatau madang di hulu, babuah babungo balun, ka rantau bujang dahulu di rumah paguno balun…Kato-kato liau ko ambo bantah dalam garah….” Uwan pengusaha yang sukses itu seperti mengekeh sorang.

     

    “Bato kanti…bantuak indak paguno ambo di rumah mah….Kalau ambo pai marantau, sia pahuni kadai…sia mondan Unyuih main koa kalau bukan ambo…..! Setelah itu, kami tertawa terbahak-bahak dalam riang gembira !”

     

    “Bukan baitu mungkasuik ambo ka kanti.Kecek Sapar nan mulai serius tapi tidak managang. Mungkasuik ambo baiko, jikok  di kampung awak  belum bisa berbuat banyak untuk orang banyak, rancak molah awak marantau dahulu. Sebagai laki-laki  Minang awak  harus berpegang pada prinsip-prinsip budaya nan  luhur. Awak urang Minang harus manjadi  pemenang ,indak jadi pecundang ! Baitu kato kanti ambo ko…daulu tu .Sudah tu ambo baliak an kato liau ko liau baliak….kanti ba-a kok indak marantau ! Mandanga ambo bakato baitu, liau tahaniang snek. Tahanok. Tapi, bukan terpukul. Indak baitu doh…”, ulas Uwan Karih.

     

    Ia kembali menghirup rokok klasiknya itu. Kembali menikam masa berpuluh-puluh tahun silam.Seakan akan ia mengingat masa lalu indahnya perkawanan bersama Safaruddin.

     

    “Apo jawek Sapar ka ambo? Iko katonyo. Kanti…mari awak babagi tugeh untuk mambangkik batang tarandam. Kanti marantau, ambo di kampuang. Baiyo-iyo urang kampuang jo urang rantau untuk  mambangun nagari. Kalau sakironyo ambo sato pulo marantau, sia nan manjago jo merawat kampuang awak…..!Mandanga kecek Sapar ko giliran ambo nan tahanok. Indak lamo sudah tu, di lapau nan hampiang barabuik subuh tu, ambo salami Sapar. Ambo kecek-an tarimokasih. Saminggu sasudah tu, ambo iyo bana-bana maninggaan kampuang halaman …” Uwan Karih memandang langit-langit rumahnya yang bagus.

     

    Ia bertitip pesan pada kita: “ Mohon, identitas ambo disembunyikan. Ambo indak ingin urang lain salah tanggap . Mantang-mantang Sapar lah jadi bupati, kini baru mangaku-ngaku sebagai kawan dakek. Imej, model ko tatap ambo jago. Kami kalau batamu, tetap sebagai kami nan dahulu. Ambo bukan sebagai pengusaha, Sapar bukan sebagai bupati. Tapi, kami tetap sebagai konco lamo nan saliang dukuang mandukuang untuak mambangun kampuang “.

     

    Sapar atau Safaruddin Uwan Karih, bertahun kemudian menjadi anggota dan Ketua DPRD Lima Puluh Kota selama  lebih kurang 20 tahun. Pada tahun 2020, ia mencalonkan diri menjadi Bupati Lima Puluh Kota. Ia berpasangan dengan Rizki Kurniawan Nakasri. Mereka menang. Sebelumnya, pasangan ini tak pernah diprediksi untuk meraih suara terbanyak  di pilkada itu. Tapi, Takdir Tuhan berkehendak lain; Safaruddin ditetapkanNya menjadi Bupati.

     

    Sejak dulu hingga kini, keberuntungan seorang Safaruddin adalah selalu berselimut aura positif. Yakni, aura kemenangan !

     

    Janji bocah SD itu dulu untuk membuka Nagari Baruhgunuang dari berbagai keterisoliran dan keterbelakangan ekonomi, dengan rasa cinta dan hati, ia wujudkan dalam jiwa-jiwa yang bersih. Jalan menuju Nagari Baruh Gunuang menjadi bagus begitu ia menjadi anggota DPRD Lima Puluh Kota. Ekonomi terbangun. Nagari Baruh Gunuang tak lagi menjadi nagari yang terbelakang dalam ekonomi. Segala potensi nagari ini bangkit. Ia telah menyelesaikan janjinya kepada nagari sendiri. Yakni mambangkik batang tarandam.

     

    Safaruddin, tak saja membangun nagari sendiri, tapi juga membangun perekonomian kabupaten Lima Puluh Kota. Pertumbuhan Ekonomi kabupaten ini semakin membaik di tangannya. Dari 3,3 persen menjadi 4,49 persen.

     

    Ia masih ingat, karena kemiskinan, Safaruddin pernah putus sekolah.

     

    “ Untuk mengatasi kemiskinan, yang harus kita bangun adalah ruang pendidikan. Tak ada orang cerdas yang miskin “, ujar Safaruddin dalam suatu percakapan di rumahnya---rumah yang sangat sederhana di Baruhgunuang yang teduh. 

     

    Memang benar faktanya, Safaruddin sangat berpihak pada pembangunan ruang pendidikan dan pertanian ! Lebih dari itu, ia berpihak dan mendapatkan cinta orang banyak  (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini