• Jelajahi

    Copyright © TUAH NUSANTARA | TANDA CINTA UNTUK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

     


    1) Katakan Saya Peduli/Catatan Syarifuddin Tanzil

    Redaksi Utama
    Rabu, 10 Januari 2024, 10:02 PM WIB Last Updated 2024-01-10T16:43:30Z

     



     Kumpulan Catatan Pikiran : Syarifuddin Tanzil


    " Menjaga Bumi dengan Kasih dan Cinta " 
     

    Bumi makin tua. Ia makin ringkih. Tapi  yang dunianya makin menggoda jua. Ia tumbuh bagai gadis yang cantik jelita. Simaklah, sekitar delapan miliar lebih jumlah penduduk di muka bumi terus berpacu untuk bertarung demi bertahan hidup .

     

    Bumi makin sesak. Udaranya makin pengap. Polusi seakan sulit terkendali. Menurut para ilmuwan melalui teori revolusi, bahwa usia bumi telah mencapai 4,4 miliar tahun. Sementara, studi terbaru menemukan bahwa ketebalan stratosfer telah menyusut 400 meter sejak 1980.

     

    Stratosfer merupakan salah satu lapisan atmosfer. Pada stratosfer ada lapisan ozon. Fungsi utamanya adalah melindungi bumi dari gelombang radiasi ultraviolet yang sangat berbahaya jika terkena kulit manusia.

     

    Langit yang kita junjung ini, sudah cabik-cabik. Atmosfir dan Ozon kian menipis. Tidakkah kita sadari bahwa langit di atas antartika sudah berlubang. Bila ini tak terbendung, maka bencana besar akan menimpa bumi. Lapisan gunung-gunung es di Antartika akan mencair. Akibatnya, dikhawatirkan bahwa sejumlah pulau-pulau di muka bumi diniscayai akan tenggelam !

     

    Bencana alam dan kerusakan lingkungan itu terjadi tak lepas dari tangan-tangan manusia. Tidakkah kita menyadari bahwa bumi tempat hidup kita bersama  ini semata-mata adalah titipan dari anak cucu kita.

     

    Merusak bumi berarti merusak apa yang dititipkan oleh anak cucu kita.

     

    Apakah kita akan sampai hati bilamana anak cucu kita di masa mendatang hidup dalam derita dan ditimpa berjuta-juta jenis penyakit akibat menipisnya ozon di langit kehidupan?

     

     

    . Ozon menipis, maka radiasi sinar UV dipancarkan oleh matahari, akan leluasa menyentuh kulit manusia.

     

    Kalau itu terjadi, beberapa penyakit berbahaya akan melanda manusia. Kanker kulit, katarak mata, daya tahan tubuh manusia akan menurun dan rentan terhadap segala penyakit. Tumbuh-tumbuhan yang terhambat akibat peningkatan UV-8 akan merusak mata  rantai makanan. Ekosistem kehidupan tak lagi selaras. Ia akan centang perenang. Biolata laut akan sengsara dan rusak. Keanekaragaman hayati dan ekosistem laut terancam punah. Laut biru tak akan lagi indah. Ia akan menjelma  menjadi monster berbahaya yang mengirimkan berbagai wabah penyakit.

     

     

     

    Sahabat Nusantara.

    Sis dan bro yang mulia.

    Untuk itu, katakanlah : Saya Peduli.

     

    Mari kita lakukan Gerakan Saya Peduli Menjaga Bumi.

     

    Kita lakukan dengan hal-hal kecil. Seiring dengan banyaknya jumlah kendaraan, kita kurangi  gas emisi yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut karena akan membahayakan keberadaan lapizan ozon . Kita kurang-kurangi memakai kendaraan pribadi. Mari kita manfaatkan  transportasi umum untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan. Selain dapat mengurangi penipisan lapisan ozon, juga sebagai solusi untuk mengurangi kemacetan.

     

    Katakan Saya Peduli !

    Mulai kini kita hindari penggunaan pembersih dengan bahan kimia yang berbahaya . Pakai pembersih ramah lingkungan dengan bahan alami. Kurangi penggunaan pestisida. Ganti dengan bahan yang lebih alami.

     

    Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) telah Tanggal  16 September  telah ditetapkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Hari Ozon Dunia. Sadar atau tidak sadar, jutaan asap-asap knalpot dari kendaraan kita adalah ancaman serius bagi langit yang menjadi atap rumah dunia.

     

    Untuk itu, katakanlah : Saya Peduli ! (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini